Kamis, 09 Juli 2020

Identifikasi Ikan Marlin Hitam (Istiompax indica)

Hi, Codex disini, dan pada artikel ini saya akan membahas mengenai salah satu spesies dari Family Billfishes. So, Let's check this out!


[ !!! Disclaimer !!! ]

[Materi dalam artikel ini merupakan rangkuman dari beberapa sumber. Sumber tulisan baik judul buku atau website tertera pada bagian Referensi. Jika ingin mengutip tulisan tersebut, silakan kunjungi/ cantumkan sumber referensi yang tertera. Terima kasih!]

 

Information update: 8 Juli 2020

 

A. Deskripsi

            Ikan marlin hitam (Indonesia) atau Istiompax indica (Latin) merupakan spesies yang masuk dalam Kingdom Animalia > Class Actinopterygii (ray-finned fishes) > Ordo Perciformes (Perch-likes) > Family Istiophoridae (Billfishes). Spesies yang mendiami kolom perairan pelagis-oceanic.

            
            AphiaID* : (urn:lsid:marinespecies.org:taxname:712905)
            Status : Diterima
            Rank : Spesies


*(AphiaID adalah kode LSID (Life Science Identifier) yang merupakan kode unik identifikasi berlaku secara global yang merujuk pada objek sains tertentu. Kode LSID ini dapat digunakan untuk merujuk objek berikut).

B. Taksonomi

            Kingdom: Animalia

            Superphylum: Deuterostomia

            Phylum: Chordata

            Subphylum: Vertebrata

            Superclass: Gnathostomata

            Class: Actinopterygii

            Infraclass: Teleostei

            Superordo: Acanthopterygii

            Ordo: Perciformes

            Subordo: Xiphioidei

            Family: Istiophoridae

            Genus: Istiompax

            Species: Istiompax indica

Nama spesifik: Istiompax indica (Cuvier, 1832).

C. Habitat

            Pada perairan laut Indo-Pasifik terdistribusi pada perairan tropis dan subtropis, kadang-kadang memasuki perairan dingin. Ikan individual yang berenang memasuki Lautan Atlantik melewati Tanjung Harapan, tapi keberadaan ikan tersebut untuk memijah kemungkinan tidak. Pada perairan Pasifik Timur ditemukan dari bagaian selatan California ke barat daya dan timur laut Teluk California ke Chili, termsuk semua perairan laut. Merupakan spesies dengan aktivitas migrasi tinggi, Annex I menurut Konvensi Hukum  Laut tahun 1982.

 [File materi pdf dapat kalian download pada akhir post!]

 D. Morfologi

            Jari-jari sirip punggung lemah (total): 39 – 50; jari-jari sirip dubur lemah: 16 – 21. Tubuh memanjang dan tidak terlalu ramping; rahang atas mirip paruh yang kuat tapi tidak terlalu panjang; terdapat dua sirip punggung, tinggin dari jari-jari sirip pertama lebih pendek dari tinggi badannya, sirip pebih pendek kebelakang; sirip dada berbentuk sabit dan kaku, dengan 19 – 20 jari-jari sirip; tubuh tertutup rapat dengan sisik kecil, dengan 1 atau 2 ujung runcing; bagian punggung berwarna biru kehitaman; bagian perut berwarna putih keperakan; selaput dari sirip punggung berwarna biru hitam, tanpa corak; bagian perut juga tidak memiliki corak; sirip lainnya berwarna coklat kehitaman.

E. Tingkah Laku

            Ikan marlin hitam mendiami perairan laut, biasanya ditemukan pada permukaan perairan diatas batas termocline, sering didekat pantai, pulau-pulau, dan terumbu karang. Merupakan spesies dengan kegiatan migrasi tinggi antar Lautan Indo-Pasifik ke Atlantik.

F. Kebiasaan Makan

            Ikan marlin hitam berada pada puncak jaring makanan pelagis, memangsa berbagai jenis makanan; tumbuh sangat cepat (Kitchell et al., 2006). Memangsa ikan-ikan, cumi-cumi, sotong, gurita, decapoda besar, krustasea, dan kebanyakan ikan tuna kecil (cakalang, tuna sirip kuning, tuna mata besar, tongkol) ketika sedang melimpah (Nakamura, 1985).

G. Reproduksi

            Ikan jantan dan betina dapat dikenali dari penampilan luarnya, tapi ikan betina dapat berukuran lebih besar. Rasio kelamin (sex ration) berbeda tergantung area dan musim. Di perairan Taiwan, semua ikan marlin hitam yang berukuran lebih dari 270 cm FL adalah ikan betina. Panjang ukuran ikan jantan saat pertama kali matang gonad (maturity) sekitar 140 cm, dan 230 cm untuk ikan betina. Umur saat pertama kali matang gonad belum diketahui. Secara intensif pemijahan terjadi pada perairan berkarang, terutama selama bulan Oktober dan November (Collette, 2010).

Note!

File materi “Identifikasi Ikan Marlin Hitam (Istiompax indica) dapat di-download pada link berikut: via MediaFire

Jika terdapat kritik dan saran, silakan tulis komentar dibawah.

Jika anda suka dengan artikel ini dan ingin mendukung penulis. Salurkan dukungan anda dengan berdonasi seikhlasnya pada link berikut: via Saweria

Best regards,

Candra D. Suwito


Tidak ada komentar:

Posting Komentar