Jumat, 24 April 2020

Cara Meng-Index URL di Google Search Console


     Saat anda memiliki URL (Uniform Resource Locator) dan ingin tampil di Google. Salah satu caranya adalah dengan meng-index di Google, mau tau caranya, Let's check this out!



Thumbnail
Setiap blogger pasti ingin posting-an/ artikelnya dapat dengan mudah ditampilkan pada pencarian Google. Salah satu caranya adalah dengan melakukan index Google. Akan tetapi, beberapa waktu lalu Google telah meng-update sistem webmaster dan semua data "crawl" berpindah ke platform baru yaitu: Google Search Console.

Nah, artikel ini akan menunjukkan cara peng-index-an url di platform baru Google Search Console. Berikut taha-tahapnya:

a. Buka situs Google Search Console.

a.
b. Kemudian masukkan url yang akan di-index, dan perlu diketahui url tersebut bagian dari website yang telah terverifikasi di Google Search Console, klik Enter.

b.
c. Maka akan muncul pop up “Retriving data from Google Index”, dan tunggu beberapa saat.

c.
d. Setelah itu muncul data “URL Inspection”, URL kita belum ter-index di Google. Kemudian klik “Request Indexing” untuk meminta peng-index-an di Google.

d.
e. Memerlukan beberapa saat untuk proses.

e.
f. Kemudian akan muncul pop up “Indexing request”, memerlukan waktu Google untuk melakukan fetching bot.

f.
g. Checklist “Indexing request”.

g.
h. Beberapa saat setelah request indexing, dapat di check. Maka akan muncul pemberitahuan “URL is on Google” jika url tersebut telah aktif.

h.
i. Beberapa info mengenai hal discovery; crawl; indexing, dll.

i.
Note.
Perlu diketahui bahwa url yang dapat terbaca adalah url dari situs/ website yang telah kita "masukkan" di Google Search Console atau telah terverifikasi domain.

~~~
Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Silahkan di-like dan di-share jika menurut anda bermanfaat. Jangan lupa juga untuk mampir di channel YT (CandraDSuwito) dan akun twitter @candradsuwito . Bye!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar