Selasa, 22 Agustus 2017

Fungsi Hibernate

Pada postingan kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai salah satu fungsi dari komputer kita yang jarang sekali dipergunakan. Itupun mungkin dalam beberapa kesempatan saja, tanpa disadari kita telah mengaktifkannya. Salah satu contohnya adalah disaat komputer/ laptop kita kehabisan daya hingga mati tiba-tiba, dan saat dinyalakan muncul pilihan pada BIOS untuk dapat mengembalikan proses/ aktivitas sistem sebelum koputer tersebut mati tiba-tiba.


Yup... fungsi yang sekarang kita bahas adalah Hibernate. Hibernate merupakan salah satu fungsi yang kadang tidak kita hiraukan, akan tetapi memiliki fungsi yang sangat berguna. Yuk,, kita simak penjelasan mengenai fungsi yang satu ini, yang mungkin jarang kita gunakan.

Definisi
Hibernate merupakan fungsi shutdown/ turn off sistem pada komputer yang dimana proses mematikan yang lumayan cepat dan dapat mengembalikan sistem seperti sebelum dimatikan. Menjadi salah satu fungsi restore point pada komputer saat mati tiba-tiba jika telah kehabisan daya atau aliran daya yang terputus tiba-tiba.

Kelebihan
Seperti yang saya sampaikan sebelumnya fungsi ini sangat berguna, apabila kita ingin secara cepat mengakses window pada komputer/ laptop, berikut adalah kelebihan fungsi hibernate yang mesti anda ketahui:
1. Memakan daya lebih kurang daripada fungsi Sleep
2. Mengambalikan sistem seperti sebelum dimatikan
3. Proses sistem tersimpan di RAM, sehingga cepat dalam restore data
4. Proses booting yang cepat


Kekurangan
Pada beberapa kelebihan yang telah kita ketahui bersama, sayangnya terdapat suatu kekurangan didalamnya. Akan tetapi kekurangannya tidak tidak berpengaruh banyak pada penggunaannya. Perlu kita ketahui bahwa fungsi hibernate tidak secara langsung aktif dalam beberapa komputer, jadi perlu diaktifkan.

Cara Pengaktifan
Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkan fungsi hibernate, dikutip pada situs Windows support:
1. Silahkan akses fungsi Run (Win + R)
2. Kemudian ketik: cmd, maka akan muncul fungsi Command Prompt
3. Pada jendela Command Prompt ketik: powercfg.exe /hibernate on, untuk mengaktifkan dan off untuk me-nonaktifkan
4. Kemudian tekan Enter


#Update
Untuk tutorial visualnya dapat dilihat pada video dibawah ini


Terima kasih telah membaca postingan tersebut, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk berlangganan dengan memasukaan alamat e-mail anda pada kolom Subscribe dipojok kanan atas. Silahkan juga untuk melihat beberapa video yang telah saya upload di channel Youtube saya. Jika terdapat masukan atau kritikan, silahkan beri komen pada kolom dibawah. 

Stay awesome and keep learning :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar