Kamis, 27 April 2017

Tuntun Langkahmu

       Hari ini capek rasanya, menghadapi karakter yang tidak tau bagaimana cara mereka membalas rasa terima kasih yang telah orang lain berikan kepada mereka. Coba pikirkan bagaimana perasaan orang yang telah meluangkan waktu dan tenaga mereka hanya untuk mengoreksi beberapa hal. Akan tetapi, jaman ini manusia modern seakaan bertindak hanya dengan kemauan mereka saja, tidak ada lagi budi pekerti yang luhur sebagai pedoman mereka menjadi manusia yang madani.

       Masih jelas bagaimana pertama mereka menyambut dan berucap syukur akan mendapat seseorang yang mereka kenal baik menjadi pembimbing mereka dalam menjalani beberapa percobaan dalam laboratorium. Hal ini pasti sungguh membuat mereka merasa lega, begitu banyak canda dan tawa diantara mereka pada awal memulai kegiatan tersebut. Hari demi hari, percobaan semakin sulit, dan beberapa mulai menyetor laporan mereka dengan terlambat, tapi orang yang menjadi pembimbing tersebut masih menerima hal tersebut. 

       Minggu berganti minggu, seiring berakhirnya percobaan tersebut keinginan dan semangat mereka terhadap menimba ilmu dalam laboratorium tersebut seakan padam dan yang kupikirkan mereka menjadikan hal tersebut sebagai beban yang menyiksa mereka hingga mereka tak lagi ada semangat dalam mengerjakannya. Benarkah semangat hidup dapat dianalogikan seperti hal tersebut? sayangnya iya, karena perjalanan awal memang terasa menyenangkan hingga lama kelamaan mereka akan sampai pada suatu titik balik yang berlawanan pada saat diawal. Rintangan berdatangan menerpa mereka yang berjuang, semakin lama mereka yang lemah mentalnya akan berakhir jalan ditempat. 

       Bisakah kita kembali bergerak jika telah berada dalam lingkaran "jalan ditempat" itu? Jawabannya adalah Bisa! dengan mencoba kembali melihat tujuan dan cita-cita yang ingin kita capai. Memang tak semudah membalikkan telapak tangan, tapi dengan tangan kita sendiri dapat mengubah nasib yang sekarang kita jalani. Hidup tak selalu mudah, pahami bahwa disetiap kita menjalani sesuatu niatkan bahwa semua akan berjalan sesuai dengan rencana kita dan rencana Sang Pencipta. Berbagai motivasi hidup kian bertebaran didunia maya, dizaman modern sekarang ini, dunia maya bagiakan dunia yang tak dapat terpisahkan bagi mereka yang mengikuti zaman. Maka pergunakanlah dengan bijak serta manfaatkan segala hal yang baik didalamnya.

       Sekiranya segala hal dalam hidup kalian adalah kalian yang tentukan, jalani dengan penuh rasa tanggung jawab. Meskipun terasa berat, ingat engkau tak sendiri didunia ini maka dari itu jalin hubungan yang baik dengan orang-orang disekitarmu, jangan engkau susahkan hidupmu dengan mencari masalah dan mencari musuh. Disetiap langkah yang engkau pilih akan ada orang yang mendukungmu dan adapula yang akan mendorongmu hingga terjatuh, Ingat! mereka semua sama-sama berada dibelakangmu hanya saja segalanya tergantung oleh bagaimana engkau menengok kebelakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar