Minggu, 19 Maret 2017

SeaDAS: ReProject Data Level 2

       Sistem Informasi Geografis merupakan suatu bidang ilmu pengetahuan yang membahas tentang citra rupa bumi dan mengolah data spasial suatu daerah. Orang-orang yang bekerja didalamnya memiliki kemampuan untuk mengolah dan memahami citra rupa bumi agar dapat menjadi informasi yang diketahui banyak orang. Citra rupa bumi juga berkenaan dengan keadaan kondisi oseanografi yang sedikit banyak mempengaruhi kehidupan manusia di darat maupun di laut. Ingin mengetahui kemampuan mengolah data citra kondisi oseanografi, check this out...!
       
       Salah satu kemampuan yang akan kita bahas adalah kemampuan untuk mengolah data citra dari NASA Ocean Color. NASA Ocean Color merupakan situs NASA yang menyediakan data citra. Salah satu data citra yang dapat digunakan adalah data citra parameter oseanografi yang berguna untuk mengetahui beberapa parameter oseanografi, misalnya: suhu permukaan laut, konsentrasi chlorophyl-a, dan parameter lainnya.

       Menggunakan aplikasi SeaDAS yang telah disediakan oleh NASA dalam situsnya yang dapat diunduh secara gratis. Untuk mengetahui cara mengunduh aplikasi SeaDAS NASA dapat dilihat dalam postingan ini:

       Dalam artikel kali ini, saya akan membahas tentang mengolah data citra level 2 NASA Ocean Color. Bagi teman-teman yang belum mengetahui cara mengunduh data citra level 2 dapat melihat video dari channel YT dengan klik link ini. Jangan lupa Subscribe yaah :D

       Selanjutnya, jika telah mengunduh data citra tersebut berikut adalah langkah yang kita lakukan:
1. Membuka aplikasi SeaDAS.
2. Kemudian membuka file data tersebut dengan klik menu Open.
3. Setelah file terbuka selanjutnya klik [+] Raster folder yang dimana akan muncul file pop up kemudian klik 2x (chlo-a) yang akan menampilkan data citra chlorophyl-a
4. Selanjutnya klik Menu Raster pada tabmenu, kemudian klik "ReProject..."
5. Maka akan muncul kotak dialog yang mengenai pengaturan data I/O project, selanjutnya klik Run tanpa ada pengubahan pengaturan yang dilakukan.
6. Proses akan berjalan beberapa menit.
7. Setelah proses selesai, akan muncul data baru disebelah kiri laman SeaDAS.
8. Langkah selanjutnya sama seperti langkah no. 3, klik [+] Raster klik 2x Chlo-a
9. Maka akan muncul data citra yang siap diolah.

       Untuk selengkapnya dapat melihat video tutorial di channel YT yaah...
Begini penampakannya guys :D


       Terima kasih atas perhatiaannya guys, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kehidupan bangsa dan negara :D





Tidak ada komentar:

Posting Komentar