Jumat, 26 Juni 2020

Identifikasi Ikan Lemadang (Coryphaena hippurus)

Hi, guys! Artikel kali ini membahas mengenai ikan lemadang atau dikenal juga dengan nama mahimahi, buat yang penasaran, Let's check this out!



[ !!! Disclaimer !!! ] 

[Materi dalam artikel ini merupakan rangkuman dari beberapa sumber. Sumber tulisan baik judul buku atau website tertera pada bagian Referensi. Jika ingin mengutip tulisan tersebut, silakan kunjungi/ cantumkan sumber referensi yang tertera. Terima kasih!]

Information update: 26 Juni 2020

A. Deskripsi 
            Ikan lemadang (Indonesia) atau Coryphaena hippurus (Latin) merupakan spesies yang masuk dalam Kingdom Animalia > Class Actinopterygii (ray-finned fishes) > Ordo Perciformes (Perch-like) > Family Corypaenidae (Dolphinfishes). Secara etimologi: Coryphaena dalam bahasa Yunani, koryphaina = dolphin fish. Spesies ini mendiami perairan tropis dan subtropis. 
            AphiaID* : (urn:lsid:marinespecies.org:taxname:126846) 
            Status : Diterima 
            Rank : Spesies 
*(AphiaID adalah kode LSID (Life Science Identifier) yang merupakan kode unik identifikasi berlaku secara global yang merujuk pada objek sains tertentu. Kode LSID ini dapat digunakan untuk merujuk objek berikut).

B. Taksonomi 
            Kingdom: Animalia 
            Superphylum: Deuterostomia 
            Phylum: Chordata 
            Subphylum: Vertebrata 
            Superclass: Gnathostomata 
            Class: Actinopterygii 
            Infraclass: Teleostei 
            Superordo: Acanthopterygii 
            Ordo: Perciformes 
            Subordo: Percoidei 
            Family: Coryphaenidae 
            Genus: Coryphaena 
            Species: C. hippurus 
Nama spesifik: Coryphaena hippurus (Linnaeus, 1758). 
Taxonomi citation: Froese, R. and D. Pauly. Editors. (2020). FishBase. Coryphaena hippurus Linnaeus, 1758.

C. Habitat
            Ikan lemadang hidup di perairan laut; payau; kolom perairan pelagis-neritic; kedalaman sekitar 0 – 85 m, biasanya 5 – 10 m. Daerah subtropis; suhu permukaan laut sekitar 21 - 30°C; letak astronomis 47°LU - 40°LS dan 180°BB - 180°BT. Tersebar di lautan Atlantik, Hindia dan Pasifik pada daerah tropis dan subtropis (Benetti et al., 1995a). Merupakan spesies dengan aktivitas migrasi yang tinggi, Annex I pada Konvensi Hukum Laut. Walaupun sering ditemukan pada daerah tropis, ikan lemadang ditemukan dan dipelajari juga pada daerah lintang utara jauh seperti Irlandia (Quigley, 1996).

[File materi pdf dapat kalian download pada akhir post!] 

D. Morfologi
            Alur tulang sirip punggung (total) sekitar 58 – 66; alur tulang sirip dubur sekitar 25 – 31; tulang vertebrae sekitar 31. Spesies ini diketahui memiliki beberapa karakter sebagai berikut: ikan jantan dewasa memiliki tulang jambul yang menonjol di depan kepalanya; tinggi badan dewasa denga kurang dari 25% dari panjang baku (SL); gigi menempel pada lidah kecil dan berbentuk oval; memiliki satu sirip punggung yang terbentang dari atas mata hingga ke sirip ekor dengan 58 – 66 alur tulang; memiliki sirip dubur yang cekung terbentang dari anus hingga sirip ekor; sirip dada berukuran setengah dari panjang kepala; pada gurat sisik paling sedikit terdapat sekitar 200 sisik. Berwarna biru-hijau mengkilap pada bagian punggung (meredup ke warna abu-abu dengan sedikit hijau ketika mati), bagian samping berwarna perak dengan kilapan berwarna emas, dan 1 garis gelap atau bercak emas sepanjang sirip punggung, dan 1, 2 atau lebih garis diatas dan dibawah garis gurat sisik, beberapa tersebar tidak beraturan; sirip punggung dan sirip dubur berwarna hitam dengan akhir sirip berwarna putih; sirip dada berwarna pucat; sirip ekor berwarna perak dengan kilapan emas; hanya ikan juvenile, sirip ekor bercorak putih dan sirip perut berwarna hitam.

E. Tingkah Laku 
            Ikan lemadang merupakan predator aktif pada umumnya yang menghabiskan banyak energi didaerah epipelagis untuk menangkap mangsanya. Dikarenakan kebutuhan oksigen, ikan lemadang harus berenang secara terus-menerus untuk mengaliri insangnya. Agar supaya mencapai pertukaran gas yang tinggi, insang ikan lemadang memiliki permukaan yang lebih luas dibandingkan ikan bertulang lainnya. Hal ini berkontribusi ke pengeluaran energi yang besar dibanding ikan lainnya.

F. Kebiasaan Makan 
            Ikan lemadang yang diamati di perairan barat Mediterania merupakan predator visual, dan sebab itu berburu utamanya pada siang hari, saat cahaya matahari memadai. Mereka memangsa ikan, cephalopoda (cumi-cumi, sotong, gurita), krustasea, yang berhubungan positif antara ukuran ikan dengan ukuran mangsanya (Massuti et al., 1998).

G. Reproduksi
            Di perairan Afrika timur, musim memijah terjadi pada akhir Maret hingga awal Juni dan terjadi di pesisir pantai. Pada perairan Pasifik barat, rasio jenis kelamin cenderung sama selama musim memijah. Waktu memijah di perairan Atlantik barat terjadi pada waktu yang lama. Pemijahan secara natural dalam kurungan (budidaya) terjadi tanpa rangsangan buatan. Pada perairan dengan suhu diatas 34°C, larva ikan ditemukan sepanjang tahun, dengan jumlah besar ditemukan pada musim semi dan gugur.

Note!

File materi “Identifikasi Ikan Lemadang (Coryphaena hippurus) dapat di-download pada link berikut: via MediaFire

Jika terdapat kritik dan saran, silakan tulis komentar dibawah.

Jika anda suka dengan artikel ini dan ingin mendukung penulis. Salurkan dukungan anda dengan berdonasi seikhlasnya pada link berikut: via Saweria

Best regards,

Candra D. Suwito


Tidak ada komentar:

Posting Komentar