Senin, 28 Januari 2019

Cara Mendownload Data Kedalaman Dunia dengan GEBCO

Ketersediaan data merupakan hal yang paling penting untuk seseorang yang bekerja dibidang analisis. Tidak banyak yang dapat menyediakan data yang sesuai dengan keinginan seorang pengolah data. Kadang terdapat situs yang telah menyediakan data, akan tetapi terdapat syarat-syarat yang menyulitkan untuk dapat mengunduh data tersebut. Dalam pengolahan data sistem informasi kedalalaman lautan juga memerlukan data yang sesuai dengan dasar permukaan laut.



Dalam artikel ini kita akan belajar bagaimana cara mengunduh data kedalaman (bathymetry data) dari situs GEBCO. GEBCO (General Bathymetry Chart of the Oceans) merupakan orgnisasi non-profit yang menyediakan data kedalaman perairan dunia secara sukarela dan didukung oleh beberapa organisasi internasional. (learn more about GEBCO)

OK, lanjut kita pembahasan artikel tentang cara mengunduh data kedalaman perairan yang akan kita bahas dilangkah-langkah dibawah ini.
1. Hal yang pertama kita lakukan yakni, mengakses situs GEBCO Gridded Bathymetry Data.

2. GEBCO Gridded Bathymetry Data menyediakan 2 (dua) jenis data set untuk daratan dan perairan. Yakni, GEBCO_2014 Grid - a global 30 arc-second interval grid dan GEBCO One Minute Grid - a one arc-minutes interval grid. Perbedaan antar kedua data set tersebut secara garis besar terdapat pada data yang disediakan dalam one arc-minutes dan 30 second interval yang artinya untuk data 30 arc-second data lebih tinggi resolusinya dibanding dengan one arc-minutes data.

3. Selanjutnya dengan menentukan luasan data yang ingin di-download. Di situs telah disediakan peta dunia yang dapat langsung kita tentukan luasannya, dengan menekan Shift pada keyboard kemudian klik kiri dan drag luas area yang akan di-download.

4. Langkah selanjutnya yakni dengan mencentang data format data yang akan di-download. Dalam tabel data set GEBCO_2014 Grid (30 arc-second interval) terdapat beberapa format yang tersedia, seperti: 2D netCDF, 1D netCDF, INT16 GeoTIFF (data) dan ESRI ASCII. Saran saya centang format data INT16 GeoTIFF (data) dan ESRI ASCII, karena data dapat langsung diolah dalam ArcGIS, tidak seperti format lain yang perlu pengolahan lanjut sebelum siap di-layout.

5. Untuk format data GEBCO_2014 Source Identifier (SID) Grid (30 arc-second interval) cara mencentang sama seperti hal langkah no.4.

6. Format data GEBCO One Minute Grid (1 arc-minute interval) tidak menyedikan format data INT16 GeoTIFF dan ESRI ASCII, sebaiknya di langkahi saja tidak perlu dicentang.

7. Selanjutnya, klik 'Add data to basket' (jika muncul pemberitahuan dibawahnya), kemudian klik 'View basket'.

8. Kita akan otomatis di menuju situs BODC (British Oceanographic Data Centre). Kemudian klik 'Checkout your request'.

9. Selanjutnya silahkan 'Log in' di akun BODC, jika belum memiliki akun dapat langsung registrasi. Masukkan alamat email dan password, isi juga kolom 'Reason' dan 'Funding' (saya biasa mengisi kotak tersebut dengan 'research', untuk keperluan penelitian). Jika sudah, klik 'Login to proceed'.

10. Selanjutnya kita akan melihat Request status data kita, kita hanya perlu menunggu beberapa menit agar data kita dapat disiapkan. Klik 'Refresh' untuk menyegarkan situs, jika data kita telah siap dapat langsung kita unduh dengan klik 'Download' pada ujung permintaan kita.

Itulah langkah-langkah untuk dapat menguduh data kedalaman dari situs GEBCO. Kalian juga dapat melihat video bagaimana cara mengunduh di YT Channel saya dan banyak video tentang pengolahan data spasial dan sistem informasi geografis lainnya.



Terima kasih buat teman-teman yang meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, silahkan comment dan di-share ke teman-teman lainnya yang membutuhkan. Jangan lupa juga untuk berkunjung YT Channel saya dan klik Subscribe!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar