Selasa, 01 Januari 2019

2018 Review

Well,, hello guys, long time not posting :D. Pada postingan kali ini, saya akan mencoba untuk menuliskan beberapa cerita yang aku aku alami pada awal 2018 hingga penghujung tahun ini. Pertama mungkin aku akan mengucapkan terima kasih kepada pengunjung blog ini yang telah meluangkan waktu untuk hanya sekedar membaca isi dan cerita blog ini, Thanks!

Oke, kita mulai dari cerita dan kisah yang terjadi setiap bulannya, mungkin ada yang mempunyai banyak cerita dan ada pula bulan yang tak memiliki cerita yang spesial.

Start in January

Januari merupakan awal tahun yang dimana minggu awal bulan ini, saya ikut dalam suatu kegiatan sosial, katakana saja itu bakti sosial (baksos) yang dilaksanakan oleh komunitas sosial yang saya bergabung didalamnya. Komunitas ini bernama Lentera Negeri yang berdomisili hanya di Makassar, banyak yang keliru mengenai hal ini karena pada saat pembukaan recruitment relawan baru, banyak yang berasal dari luar Sulawesi yang tertarik untuk join dalam komunitas ini, tapi sayangnya komunitas ini hanya terdapat di Makassar. Oke kembali di kegiatan bakti sosial yang saya ikuti di awal bulan ini, kegiatan dilaksanakan di daerah juh dari perkotaan yaitu daerah perbatasan Barru-Bone tepatnya di desa Tapong. Butuh perjuangan untuk dapat mencapai daerah ini, karena pada saat menuju daerah tersebut saya menggunakan sepeda motor bersama dengan relawan Lentera Negeri yang lain dan kami berangkat pada malam hari, hal tersebut juga memperlambat waktu menuju daerah tersebut. Mungkin dalam postingan ini tidak akan saya ceritakan semuanya (mungkin pada postingan yang lain, may be… :D). Selanjutnya, pada akhir bulan ini saya meng-upgrade handphone yang selama ini telah aku gunakan selama 2 tahun kurang ini, karena telah banyak kendala yang terjadi dan sukar lagi menunjang kegiatan yang kulakukan, masalah yang muncul misalnya baterai yang cepat habis dan beberapa aplikasi yang tidak dapat dijalankan secara optimal hingga dapat membuat handphone tersebut reboot tiba-tiba. Dan kini telah ada yang menggantikannya, semoga dapat bertahan dan dapat mendukung kegiatan-kegiatanku selanjutnya.

Next in February

Februari ini merupakan bulan yang sangat berbahagia untuk saudaraku yakni pada bulan ini beliau akhirnya disatukan dengan pendamping hidupnya, yup… kini kami sudah punya keluarga baru dan juga merekatkan lagi dengan keluarga kami yang ada di Kabupaten Pinrang, yang dimana merupakan salah satu keluarga juga yang menjadi istri dari saudara tertuaku tersebut. Next, akhir bulan ini selesai juga proposal penelitian yang telah kuseminarkan, tahap selanjutnya yakni melakukan penelitian untuk menyudahi status ini sebagai mahasiswa tingkat akhir yang selalu dibayang-banyangi pertanyaan keluarga untuk cepat menyelesaikan studi ini dan melanjutkan kehidupan ke dunia yang sesungguhnya. Pada bulan ini juga kumemulai tahap pengambilan data untuk praktik kerja lapang yang sedikit lagi kuselesaikan untuk praktik kerja lapang ke-4 di prodiku tersebut.

Ahead in March

Maret merupakan bulan yang penuh dengan perjuangan dalam melakukan pengambilan data di lapangan, tak terhitung lagi waktu dan usaha yang kulakukan untuk berangkat subuh hari hingga kembali kadang siang hari dan kembali lagi kedaerah tersebut pada sore harinya. Waktu tidurpun tidak teratur, semuanya terbalik siang hari merupakan waktu untuk beristirahat sedangkan malamnya adalah waktu untuk beraktivitas, menunggu fajar menyingsing untuk segera berangkat ke kampung nelayan yang berjarak mungkin tak terlalu jauh, akan tetapi cukup banyak rintangan yang telah kulewati. Dan waktu itu juga merupakan bulan Ramadhan dan kulakukan semua perjuangan tersebut dalam keadaan beribadah, semoga saja terhitung sebagai ibadah, aamiin.

Stay in April

April bulan yang istimewa bulan ini Idul Fitri dilaksanakan, dan akhirnya aku pulang kampung juga setelah beberapa bulan tidak kembali kekampung halaman, meskipun sebelumnya bulan kemarin saat acara nikahan saudara juga balik kekampung halaman juga. April is the special month karena yaah spesial aja :D, banyak doa-doa yang dipanjatkan agar kedepannya menjadi pribadi yang lebih baik lagi and I try to do so.

Come in Mei

Mei merupakan bulan yang sibuk akan mengurus beberapa kegiatan dan berkas yang harus aku selesaikan, akan tetapi lebih kebanyak kegiatan di luar kampus. Mulailah dibulan ini cicil-cicil pengolahan data hasil penelitian yang yaah masih dalam tahap apa begitu (procrastination). Beberapa kegiatan seperti pelatihan dan kegiatan sosial kulakukan dibulan ini, sedikit berpaling dari hiruk pikuk kampus yang bergulir sangat cepat.

June is here

Juni juga bulan yang padat akan kegiatan di kampus, kegiatan sosial dan kegiatan club, meskipun saat itu kampus dalam keadaan lengang (sepi) karena mahasiswa disibukkan dengan kegiatan mengabdi mereka dibeberapa daerah. Yaah terlepas dari kegiatan tersebut, tak kunjung jua penyelesaian laporan PKL yang saat itu telah selesai kulakukan (procrastination). Oh, dan pada bulan ini juga saya dan teman-teman mengadakan tour kecil keluar kota, yaah kota paling dekat juga. Tempat tersebut merupakan rumah dari salah satu teman kelas kampus yang sering kami kunjungi.

Let’s see in July

Juli bulan yang sedikit agak lengang dan tak banyak yang kulakukan, mungkin salah satunya adalah menulis dan membuat video, hanya beberapa dan kebanyakan masih dalam tahap penyusunan konsep begitulah. Bulan ini juga ada kegiatan penerimaan relawan baru komunitas Lentera Negeri yang dilaksanakan pada daerah yang dimana telah kukunjungi beberapa minggu yang lalu.

Dive in August

Agustus merupakan awal bagi mahasiswa dikampusku untuk memulai kegiatan perkuliahan, meskipun saat itu juga saya tidak memprogram matakuliah karena telah habis dan sisa program penyelesaian studi terakhir. Pada bulan ini juga disibukkan juga dengan persiapan untuk ujian PKL dengan mengerjakan dan menyelesaikan data PKL terkahir yang telah kumulai beberapa bulan yang lalu. Juga pada minggu akhir bulan ini saatny untuk “membasahi insang”, menyelami indahnya dunia bawah laut di Pulau Kodingareng Keke, terdapat beberapa patung, monument, dan van menjadi pusat perhatian di Pulau ini yang menjadikan Pulau ini sebagia destinasi wisata bawah laut.

Connect in September

September merupakan bulan yang tidak terlalu dipenuhi dengan kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran, hanya saja pada bulan ini persiapan yang dilakukan cukup banyak untuk ujian PKL dan persiapan kegiatan penerimaan anggota baru di club diving di kampus. Masih seperti biasa kebiasaan buruk yang susah untuk dihapuskan (procrastination). Sesekali juga saya ikut serta dalam mengawal anggota baru dalam melatih mereka untuk dapat survive di laut.

Interest in October

Agustus merupakan bulan yang berkesan karena pada bulan ini, saya dan beberapa teman kampus kedatangan tamu dari luar negeri yakni teman-teman dari Negeri Sakura. Yup,,, terdapat kerjasama antara kampusku dan kampus dari Jepang tersebut, mulailah program tersebut sekitar 10 hari di Kabupaten Sinjai dan di Pulau Sembilan. Kenapa disebut Pulau Sembilan? Karena pada kepulauan tersebut ada Sembilan pulau pada satu daerah tersebut. 7 orang dari mahasiswa Indoensia dan 7 orang dari mahasiswa Jepang, kami bersama-sama berkegiatan pada daerah tersebut dan menjalin hubungan yang sangat dekat layaknya keluarga kami sendiri. Kegiatan kami diisi dengan hal-hal yang menyenangkan dan bermanfaat (penasaran dengan videonya, check di YT channel yaah :D). Oia, sebelum berangkat pada kegiatan tersebut saya telah menyelesaikan ujian PKL terakhir dan akhirnya bisa menyelesaikan PKL juga. Alhamdulillah.

Commit in November

November membuat khawatir juga, wanita yang waktu sedang ini kuperhatikan akan menyelesaikan studinya, hal ini juga membuat rasa nyaman itu terguncang untuk segera menyelesaikan tujuan awal memasuki dunia kampus ini. Dan akhirnya mulailah untuk membuka folder laporan akhir tersebut, awalnya memang masih tak jelas apa yang selanjutnya akan kutulis, akhirnya tutup folder dan pindah ke aplikasi peng-edit video. Mengetahui si-doi akhirnya dapat juga menyelesaikan studinya akhir tahun ini, membuatku senang dan sedikit merasa menyesal juga karena dikalahkan olehnya. Komitmen itu juga akhirnya bangkit untuk segera menyelesaikan studi ini dengan kembali membuka folder skripsi tersebut dan mencoba mengolah data yang ratusan jumlahnya. Diakhir minggu bulan ini juga merupakan bulan yang penuh bahagia untuk kakakku yang telah dikaruniahi dengan seorang malaikat cantik, ya seorang bayi perempuan melengkapi kehidupan rumah tangga mereka, semoga dengan kehadirannya dapat menjadi sumber kebahagiaan keluar kecil mereka.

End in Desember

Desember penghujung tahun adalah moment yang tepat untuk merencanakan beberapa hal yang akan dilakukan pada tahun selanjutnya, mulai jelas juga isi dari skripsi yang kutulis hingga saat ini. Dikarenakan bulan ini curah hujan sangat tinggi hingga tidak banyak kegiatan lapangan yang dapat dilakukan. Pada bulan kemarin sempat menghadiri acara aqiqahan ponakanku, dan akhirnya resmi menjadi seorang Om diusia yang masih cukup muda ini, kurasa :D. saat itulah aku mulai untuk merajut hubungan dekat dengan keluarga besar tersebut. End of the year, bukan berarti akhir dari segalanya, tapi merupakan suatu loncatan untuk merencanakan dan melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat dan lebih produktif lagi di kemudian hari.

P.S.
~ Perkembangan blog ini sendiri pada tahun 2018 telah mem-posting 6 artikel
~ Total page views pada blog tahun 2018 sekitar 333 views
~ Perkembangan YT channel pada tahun 2018 sekitar 13 Subs
~ Total views video pada YT channel tahun 2018 sekitar 4823 vews
~ Total watch time pada YT channel tahun 2018 sekitar 7795 minutes
~ Pada tahun 2018 telah membaca buku sebanyak 5 judul buku

Penuh harap pada tahun ini 2019, semoga kebiasaan buruk (procrastination) dapat diubah menjadi kebiasaan yang lebih baik lagi dan dapat berguna untuk diriku kedepannya. Banyka skill yang ingin kukembangkan dan kupelajari untuk kedepannya. Menjadi pribadi yang bisa membanggakan kedua orangtua dengan cara menyelesaikan studi (#2019GantiStatus menjadi Alumni Universitas). Aamiin.

Terima kasih kembali untuk anda yang telah dengan senang hati berkunjung ke blog sederhana ini. Jangan lupa juga untuk subs ke blog ini dan juga YouTube channel yaah. See you soon... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar