Selasa, 17 April 2018

Konsep Dasar Statistika

Halo guys, pada kesempatan ini saya akan mencoba menulis artikel mengenai pengertian dasar tentang Statistika. Yuk,, kita sama-sama belajar mengenai statistika.

Konsep Dasar Statistika
Statistika merupakan pengetahuan yang berhubungan dengan cara pengumpulan, pengolahan, analisis dan penarikan kesimpulan dari hasil data yang telah didapatkan serta analisis yang telah dilakukan.
Ada dua macam statistika, yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensia. Apa sih perbedaan dari macam statistika tersebut ?. Statistika deskriptif merupakan deskripsi atau penjelasan data, misalnya menghitung rata-rata dan varians dari data mentah, mendeskripsikan menggunakan tabel dan grafik, sehingga data tersebut dapat dengan mudah dibaca dan dipahami. Sedangkan statistika inferensia mencakup lebih luas dari deskriptif, misalnya pengujian hipotesis, melakukan prediksi atau membuat model regresi.

Jenis Data Statistik
Data hasil penelitian merupakan hasil pengukuran, ada empat tipe pengukuran atau skala pengukuran yang digunakan dalam statistika, yakni: nominal, ordinal, interval dan rasio. Ke-empat skala pengukuran tersebut memiliki tingkat penggunaan yang berbeda dalam riset statistik.

Skala Nominal
Hanya bisa membedakan sesuatu yang bersifat kualitatif, misalnya: jenis kelamin, warna kulit, dll.
Skala Ordinal
Selain membedakan juga menunjukkan tingkatan, misalnya: tingkat kepuasan, tingkat kecondongan pilihan, dll.
Skala Interval
Merupakan angka kuantitatif, tetapi tidak memiliki nilai nol mutlak, misalnya: tahun, suhu, dll.
Skala Rasio 
Merupakan angka kuantitatif yang miliki nilai nol mutlak, misalnya: tinggi badan (150 cm, 190 cm, 201 cm), berat badan (50 kg, 60 kg, 90 kg), dan sebagainya.

Istilah-istilah Dasar Dalam Statistika
Saat melakukan penelitian, sebelum itu kita harus mengetahui dan memahami beberapa istilah penting yang sering digunakan, antara lain:
Populasi
Adalah sekumpulan orang atau objek yang sedang diteliti. Populasi juga sering didefinisikan sebagai himpunan yang terdiri dari orang, fauna, flora dan benda-benda yang memiliki sifat yang sama.
Sampel
Adalah bagian dari populasi. Jenis sampel yang diambil harus mewakili sifat dari populasi tersebut. Sampel dapat didefinisikan sebagai sembarang himpunan yang merupakan bagian dari suatu populasi. Data yang dianalisis pada suatu penelitian merupakan data hasil pengukuran yang diperoleh dari sampel.
Sampel Acak
Digunakan apabila jumlah populasinya sangat besar atau mungkin tak terhingga. Pemilihan sampel yang dilakukan secara acak atau sembarangan akan menghasilkan data yang tidak valid sehingga harus disesuaikan dengan cara pengambilan sampel yang akan diteliti.
Sensus
Merupakan kegiatan pengumpulan data penelitian pada seluruh populasi.
Statistik
Merupakan penggambaran ukuran, deskriptif dari suatu sampel, misalnya: rata-rata, varians sampel, koefisien korelasi, kurtosis dan sebagainya.
Parameter
Merupakan ukuran yang digunakan untuk menggambarkan status populasi, misalnya rata-rata populasi, varians populasi dan koefisien korelasi populasi.

Jenis Penelitian
Tujuan umum dari suatu penelitian statistika adalah menyelidiki hubungan sebab-akibat, denga khususnya menarik suatu simpulan akan perubahan yang timbul pada pengubah  atau "variables" respon pengubah dependent akibat berubahnya pengubah penjelas "explanatory variables" pengubah independent.
Terdapat dua jenis utama penelitian, yaitu eksperimen dan survei. Keduanya sama-sama membahas tentang pengaruh perubahan pada pengubah penjelas dan perilaku pengubah respon akibat perubahan itu. Beda keduanya terletak pada kajian yang dilakukan.

Mungkin sekian dulu artikel saya mengenai statistika, semonga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa bagikan, komen, dan berlangganan blog ini jika suka yaah.

Sumber:
Wahana Komputer. 2007. Pengolahan Data Statistik. Penerbit Andi. Semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar