Selasa, 16 Januari 2018

Cara Mengaktifkan Data Analysis Tool di Ms. Excel

Pada postingan kali ini saya akan mencoba memberikan informasi bagaimana mengaktifkan fitur Data Analysis Tool pada Ms. Excel. Aplikasi pengolah data Ms. Excel yang biasa kita gunakan untuk mengolah data kita sehari-hari, contohnya dalam mengerjakan tugas matematika, memengolah data penelitian, juga dapat mengolah pengeluaran keuangan kita sehari-hari.


Pertama perlu kita ketahui tentang fitur bawaan dari Ms. Excel ini, yaitu: Data Analysis Tool. Coba perhatikan pada Menu Data yang terdapat pada menu bar. Fitur ini biasanya tidak langsung aktif setelah kita meng-install aplikasi Ms. Office. Fitur tersebut harus kita panggil dan aktifkan agar dapat kita gunakan.



Cara untuk mengaktifkan fitur Data Analysis Tool, dapat kita ketahui dengan mengikuti tahap-tahap berikut:
1. Pertama, silahkan buka Ms. Excel.
2. Kemudian masuk pada menu Options, untuk melihat berbagai pengaturan tentang yang terdapat pada Ms. Excel. Jika agan menggunakan Ms. Office 2007, menu Options terdapat pada ikon Excel yang terdapat pada ujung kiri atas menu bar. Sedangkan, jika menggunakan Ms. Office 2010 ke atas, menu Options terdapat pada menu File.
3. Silahkan klik submenu Options, kemudian akan muncul kotak dialog baru. Pada kotak dialog tersebut klik [Add-Ins]
4. Klik Go pada dibagian bawah untuk membuka pilihan baru. Kemudian centang Analysis Toolpak, terus klik Ok.
5. Maka akan muncul fitur Data Analysis Tool pada menu Data, dan terletak bagian sebelah kanan.

Itulah tadi tutorial mengenai cara mengaktifkan fitur Data Analysis Tool pada Ms. Excel, jika agan-agan belum mengerti dengan penjelasan di atas. Nih, ada video tutorialnya, tapi dalam versi Bahasa Inggris :D liat gambarnya juga bisa gan, hahaha


Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk agan-agan semua. Silahkan subscribe pada blog ini dan channel YT aku yaah, jika kalian suka dengan informasi seperti ini. Silahkan komen dan share juga artikel ini yaah :D

Terima kasih atas kunjungannya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar