Sabtu, 15 Juli 2017

Bukalah Matamu

Kemarin hal baru telah kupelajari, kesadaran akan muncul disaat manusia baru mengetahui tentang fakta mengenai suatu hal tersebut. Memang akan sulit jika manusia ingin disadarkan dengan hal-hal yang bertentangan dengan kehendak mereka, rasuki pikiran mereka dan ubahlah pikiran yang sesat itu. Kembali dengan perihal yang kupelajari kemarin, yaitu mengenai begitu luasnya ilmu pengetahuan yang terbentang di dunia ini. Semakin sesak rasanya mengetahui bahwa apa yang kita ketahui sekarang adalah belum mengetahui apa-apa.

Seberapa puaskah kita dengan ilmu yang kita ketahui sekarang, nyatanya ilmu pengetahun sendiri semakin berkembang dan berevolusi. Jika kita sebagai manusia hanya mempelajari pengetahuan yang kita pelajari waktu di sekolah dulu, maka kita hanya mempelajari masa lalu. Beda dengan sejarah, masa lalu yang dimaksudkan adalah ilmu yang pada saat itu diabadikan dan dipelajari sehingga ilmu tersebut merupakan syarat yang mesti kita ketahui. Zaman sekarang ini, pelajaran yang mungkin kita pelajari waktu di sekolah dulu masih diajarkan oleh guru-guru di sekolah. Akan tetapi, ilmu pengetahuan semakin berkembang, dan ada beberapa hal yang telah terungkap sehingga akan membuka pandangan kita mengenai pelajaran masa lalu ataupun bertentangan dengannya.

Begitupun dengan orang-orang disekeliling kita, banyak hal yang mungkin kita dapatkan dari mereka. Tapi terapkan suatu filter atau penyaring sehingga kita tidak dengan mentah-mentah meniru, mempercayai, melakukan seperti mereka. Tentu saja hal yang dapat membuat kita berkembang dan sesuatu yang dapat meningkatkan kemampuan kitalah yang menjadi tujuan kita untuk memiliki pergaulan yang luas. Bukan hanya ingin menambahkan sebanyak-banyaknya teman, tetapi hal selain kesenangan yang kita butuhkan bukan?. Akan sia-sia kita mempunyai banyak teman akan tetapi hanya mengisi beranda akun sosial media. Menurut saya hal tersebut tidak ada gunanya sama sekali. Yang berguna adalah dapat saling bertukar informasi dan meningkatkan kemampuan kita dalam berbagai hal.

Memiliki banyak teman dari berbagai tempat juga memiliki banyak manfaat, memiliki banyak teman dapat dikatakan seperti berinvestasi untuk masa depan. Banyak kita sendiri di dunia tanpa ada bantuan dari orang lain, dapatkah kita bertahan?. Seperti halnya manusia, manusia yang merupakan mahluk sosial, perlu untuk bersosialisasi setiap harinya. Jika kebutuhan tersebut tak terpenuhi, apakah kita masih disebut dengan manusia?. Bertepatan dengan hal tersebut, coba kita pikirkan selama ini. Manusia jika tanpa manusia lainnya, bagaimana dengan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Contoh kecil saja dengan beras yang kita masak untuk kita konsumsi, padi itu memerlukan waktu untuk dapat tumbuh hingga dapat menghasilkan beras, apakah kita tidak memikirkan petani disekitar kita? Bagaimana dengan ikan yang kita konsumsi, apakah kita memikirkan nelayan disekitar kita?. Selayaknya kita berterima kasih dengan hal-hal tersebut. Tetapi, sebagian dari kita masih tidak memikirkan tentang hal itu. Perlulah untuk kita belajar, belajar tentang berbagai hal yang kita tidak ketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar