Rabu, 24 Mei 2017

Keresahanku Saat Ini

       Setiap hari merupakan hari yang baru untuk dijelajahi, meskipun banyak yang berusaha menghindari tantangan untuk mengurangi resiko dalam hidup yang dapat merusak tatanan zona nyaman yang telah lama terbangun dengan damainya. Kalimat pembuka yang cukup monoton kali ini tapi disetiap pembukaan terdapat kalimat yang berucap doa untuk menyemangati diri untuk menjalani kehidupan.

       Teringat akan beberapa tahun lalu kepada suatu permainan yang cukup menguras pikiran dan waktu, sampai kejenuhan itu muncul dan akhirnya kutetapkan untuk menghapus permainan tersebut. Berjalan beberapa tahun, kini permainan tersebut mendapat beberapa pembaharuan sehingga tampilan permainan tersebut menjadi lebih menarik dan akhirnya kumulai untuk meng-install permainan tersebut dan mencoba untuk menjadi ahli sekali lagi dalam hal yang akan "kutekuni".

       Beberapa hari terakhir sering terbanyang akan hal-hal yang kadang kulakukan dalam hal yang berkaitan dengan hak intelektual orang lain. Sering beberapa teman mengalami masalah dalam hal komputer mereka dan mencoba cara agar masalah tersebut dapat terselesaikan, dan akhirnya cara terakhir mereka mencoba untuk meng-install ulang sistem operasi yang mereka punya. Dalam beberapa kasus sistem operasi tersebut tidak bisa 100% memiliki legalitas. Dan hal itu membuatku berpikir akan perasaan orang yang telah membuat program tersebut, dengan mencurah tenaga, pikiran, semua keahlian yang ia miliki, yang kemudian jadilah program yang banyak orang memakainya. Namun, tidak sedikit dari program tersebut diharuskan seseorang untuk membayar sejumlah dana apabila ingin memakai atau memiliki program tersebut secara legal.

       Zaman sekarang ini kebutuhan akan informasi semakin pesat sehingga  mendesak orang yang membutuhkan informasi tersebut melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya. Penggunaan secara ilegalpun tak dapat dihindari dikarenakan beberapa informasi memerlukan dana untuk dapat mengaksesnya. Hanya orang yang betul-betul sadar akan hak intelektual orang lain yang sanggup menahan perasaan untuk tidak melakukan hal ilegal semacam ini.

       Terkadang karena keterbatasan finansial merupakan salah satu hal yang menjadi alasan yang sering muncul agar terlepas dari serangan legalitas. Menurut saya pribadi alasan tersebut tidak tepat karena pada salah satu sistem operasi yang saya ketahui, cenderung pengguna diharuskan untuk mengeluarkan dana agar dapat mendapatkan aplikasi tersebut. Dengan tekanan agar pengguna tersebut dapat mendapatkannya secara legal dan tidak melakukan hal yang mencoreng hak intelektual orang lain.

       Hukum yang telah dikeluarkan pemerintah yang mengenai informasi dan transaksi elektronik, yang dimana telah tersusun beberapa pasal yang mengatur tentang informasi seseorang yang di dalam dunia maya, peraturan mengenai transaksi elektronik agar dapat berjalan secara aman dan nyaman. Beberapa hal yang dapat ditarik kesimpulan dalam undang-undang tersebut adalah hak seseorang dalam berkehidupan di dunia maya.

       Sekarang ini marak terjadi yang namanya penyebaran berita yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya alias berita palsu. Banyak orang yang terpacu dengan mudahnya mempercayai berita yang beredar tersebut. Bukankah seharusnya masyarakat semakin pintar dengan banyaknya informasi yang dapat diakses menggunakan internet, tetapi mereka mempercayai informasi yang beredar tanpa menyaring informasi tersebut terlebih dahulu. 'Smartphone with smart user' itulah yang seharusnya menjadi standar manusia zaman sekarang ini, tetapi bagi mereka yang belum siap akan menjadi budak perangkat yang mereka miliki.

       Manusia yang madani adalah manusia yang mengetahui tujuan mereka diciptakan dan menjalani kehidupan berdasarkan pedoman hidup yang mereka percaya, menjauhi setiap larangan dan melakukan semua hal yang dianjurkan. Tuhan tidak akan mengubah kehidupan seseorang jika orang tersebut tidak berusaha untuk mengubah hidupnya. Hidup yang kita jalani sekarang haruslah bermanfaat untuk orang-orang disekitar kita, menjadi tak berguna bukanlah pilihan. Tapi, menjadi bermanfaat bagi orang lain merupakan salah satu kesenangan hati yang patut kita pilih.

       Terima kasih bagi teman-teman yang senang hati membaca wacana saya ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar