Senin, 16 Januari 2017

Trik Mempercepat Kinerja Komputer

       Mengalami yang namanya lag atau komputer yang lalod (lambat loading) merupakan penyakit yang sering terjadi pada komputer yang biasanya memiliki banyak aplikasi yang telah ter-instal. Penyebab utamanya adalah karena banyaknya proses yang komputer lakukan hingga menganggu perintah yang ingin kita panggil. 

       Maka dari itu, salah satu cara untuk mengefisienkan kinerja perintah komputer adalah dengan menon-aktifkan beberapa aplikasi yang bekerja dibelakang layar. Cara tersebut dilakukan karena terbukti 100% efektif untuk menangkal beberapa aplikasi yang secara sembunyi-sembunyi bekerja dibelakang layar.

       Pertama-tama perlu kita ketahui maksud dari perintah untuk menon-aktifkan atau disable aplikasi yang biasa meminta background process. Aplikasi tersebut biasanya membebani kinerja komputer disaat pertama booting. Saat booting komputer mengolah semua aplikasi yang mengalami perubahan setting sehingga memerlukan waktu lama untuk loading. Dan nyatanya terdapat beberapa aplikasi yang memiliki fitur untuk dapat tampil setelah log in. Salah satu contohnya yakni: antivirus, idm, dsb.

       Langsung saja inilah cara untuk menon-aktifkan/ disable aplikasi yang background process:

       Untuk sistem operasi Windows 7, silahkan panggil " Run " atau tekan pada keyboard " Win + R ", kemudian ketik " msconfig ". Setelah muncul kotak dialog, klik menu " Startup " maka akan muncul beberapa aplikasi yang biasanya muncul setelah log in. Selanjutnya disable aplikasi tersebut, klik OK dan klik Exit without Restar jika tidak ingin melakukan restart/ booting ulang komputer.

       Untuk sistem operasi Windows 8 dan 10, menu " Startup " telah berpindah ke " Task Manager " maka dari itu, buka " Task Manager " dengan cara klik kanan pada " Taskbar " atau klik kanan pada ikon Start. Setelah muncul kotak dialog, klik menu " Startup " dan disable semua aplikasi tersebut.

       Silahkan lihat video di bawah ini untuk lebih jelasnya.


       Semoga artikel ini bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Untuk melihat beberapa video yang telah saya upload, silahkan klik Subscribe pada Youtube channel @CandraDSuwito. Dan berlangganan newsletter untuk mendapatkan informasi artikel terbaru dari blog ini, silahkan daftar dengan memasukkan alamat email pada menu Contact Me atau pada kolom Langganan.




      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar